Sunday, November 10, 2013

Perkembangan teknologi informasi dalam penyebarluasan informasi

Tugas 1 Pengantar Telematika

1. Jelaskan menurut  pendapat  masing-masing  tentang  perkembangan  teknologi informasi dalam penyebarluasan informasi !

Perkembangan teknologi informasi sudah sedemikian pesatnya sehingga hampir setiap waktu produk teknologi informasi selalu diciptakan di seluruh dunia. Perkembangan tersebut telah membantu kehidupan manusia. Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak positif dari perkembangan tersebut.

v   Bagi pelaku bisnis akan memudahkan dalam hal transaksi sebuah perusahaan   maupun individu.

v   Mempermudah dalam proses berkomunikasi yang tidak dibatasi oleh wilayah   ataupun waktu.

v   Mempercepat mengakses sebuah informasi yang dibutuhkan.

v   Mempercepat penyebaran informasi ke masyarakat.

v   Memudahkan penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan seseorang/perusahaan.

Namun dari perkembangannya juga telah menimbulkan dampak negatif antara lain:
v    Munculnya budaya plagiat atau penjiplakan hasil karya orang lain.

v    Terjadinya penipuan yang bermunculan dalam melakukan transaksi online.

v Tingkat pornografi meningkat dikalangan masyarakat karena kemudahan akses informasi

v Kecanduan teknologi sehingga yang berlebihan sehingga melupakan tugas dan kewajiban yang harus diselesaikan.

2.    Bagaimana peranan telematika dalam bidang pendidikan? Berikan contohnya !
Dalam bidang pendidikan peran telematika begitu bermanfaat serta memiliki pengaruh besar dalam membantu dunia pendidikan terutama dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Misalnya:

  • membuat program pembelajaran secara virtual, membuat buku-buku virtual sehingga lebih praktis untuk di pelajari dan dibawa kemana-mana yaitu berupa e-book atau perpustakaan eletronik
  • Pengumpulan tugas sekolah/kuliah dengan terhubung dengan internet dapat           dilakukkan dimana saja untuk mengirimkan tugas melalui email.
  • Dengan adanya pembuatan ensiklopedia yang informasinya bukan hanya tulisan saja namun juga bisa berupa video, gambar, foto bahkan suara, dapat membantu siswa/mahasiswa untuk  mencari informasi yang berkaitan dengan tugas-tugasnya.

3.    Apa manfaat dan dampak negatif dari perkembangan telematika, jelaskan!
Perkembangan telematika telah berperan penting dari berbagai segi sisi kehidupan suatu bangsa, adapun manfaat yang telah dirasakan yaitu:

-        E-government
Perkembangannya Telah membantu pemerintah dalam menyelesaikan suatu masalah bangsa berupa menyediakan informasi dan layanan untuk masyarkatnya.

-        Kesehatan
Telematika memiliki peran penting untuk membantu menemukan solusi dengan bantuan teknologi dalam mengatasi berbagai penyakit yang ada.

-        Pendidikan
Manfaat yang dirasakan berupa adanya penciptaan berbagai tools-tools atau program yang beruna bagi perkembangan dalam dunia pendidikan berupa : e-book, ensiklopedia, perpustakaan elektronik dll.

-        E-commerce
Telematika telah memberi warna dalam perekonomian suatu bangsa, di tandai dengan mulai maraknya sekolompok orang untuk membangun bisnis baru dengan menggunakan teknologi internet.

Dari beberapa manfaat tersebut, pastinya telematia juga akan menimbulkan dampak negative berubapa kejahatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan media internet. Misalnya:

-        Carding
Sebuah tindakan kejahatan mencuri data dari kartu kredit seorang atau lebih nasabah suatu bank sehingga si pelaku (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadinya.

-        SPAM
Pengiriman pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki bagi penerimannya berupa informasi: iklan, undian, informasi palsu, penipuan dll.

-        Dampak negatif terhadap individu dan perusahaan/organisasi
Kejahatan Telematika dapat merugikan suatu perusahaan/organsasi atau individu berupa sebuah tindakan seseorang atau kelompok (hacker) yang telah berhasil menyusup dan mengganti data systemnya yang tidak dikehendaki bagi pemiliknya.

4.    Bagaimana cara  mengatasi  dampak  negatif  dari  perkembangan  telematika
    tersebut?

Dari berbagai dampak negatif dari telematika tersebut mengharuskan seorang pengguna harus lebih waspada lagi dalam menggunakan teknologi informasi. Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain:

  • Ketika ada sebuah informasi yang tersebar luas di masyarkat, seharusnya kita mempertimbangkan informasi tersebut setelah itu harus mencari fakta yang sebenarnya serta informasi itu berasal dari sumber yang terpercaya atau tidak.
  • Sebagai pengguna teknologi informasi, sebuah privasi berupa data diri dll, merupakan hal penting untuk di jaga dan tidak di sebarluaskan sehingga tidak menimbulkan kejahatan yang tidak di kehendaki.
  •  Menghindari mengakses situs-situs yang tidak bermanfaat dan edukatif.
  •  Memberikan dukungan bagi para pengguna open source serta meminimalisir penggunaan pembajakan yang telah tersebar luas di masyarakat.

No comments:

Post a Comment