Sunday, November 10, 2013

TUGAS 2 PENGANTAR TELEMATIKA

1. Jelaskan tentang perkembangan jaringan komputer sebagai sarana yang digunakan dalam proses telematika baik yang menggunakan kabel maupun yang tanpa kabel!

Perkembangan jaringan computer memiliki kaitan erat dengan telematika yang telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan seperti telekomunikasi lewat telepon, saluran televisi, radio, serta media dengan komunikasi tanpa kabel ataupun menggunakan kabel.

Berikut merupakan beberapa contoh penerapan telematika dalam bidang jaringan computer:

a. E-mail (Electronic Mail)
Seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain pada tempat yang berbeda dan tanpa dibatasi oleh waktu, serta dapat menginformasikan sesuatu dengan begitu banyak ke pada orang lain.
b. E-Commerce 
Jaringan computer telah memudahkan manusia dalam hal melakukkan pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa dengan bantuan media eletronik.

c. E-bangking
Melakukan sebuah transaksi keuangan baik individu atau organisasi yang melibatkan bank tanpa adanya uang fisik yang terlibat.

2. Apa keuntungan dan kerugian :
a. Teknologi peer-to-peer
b. Teknologi client-server
Berikan contoh komunikasi baik yang peer to peer maupun yang client-server!

• Keuntungan peer-to-peer

- Jauh lebih mudah dalam menggunakan dan mengatur sebuah jaringan karena tidak membutuhkan pengetahuan spesialis di bidangnya

- Biaya operasional relatif murah karena tidak perlu memerlukan server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan

- Tidak membutuhkan sebuah system operasi yang ditujukan untuk menangani sebuah jaringan yang umumnya layanan ini bisa berupa layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

• Kerugian peer-to-peer

- Cukup sulit mengawasi security pada jaringan peer-to-peer manakala pengguna jaringan computer sudah banyak

- Administrasi tidak terkendali dengan baik ketika membangun sebuah jaringan dengan skala besar

- File dan folder tidak memiliki back up yang terpusat

• Keuntungan client-server

- Semua file disimpan di tempat yang sama sehingga lebih mudah menemukan file

- Semua file di simpan pada server yang memudahkan membuat back up sehingga jika terjadi beberapa kasus kehilangan data , hal ini masih dapat dipulihkan dengan lebih mudah dan efisien

- Dari beberapa platform dalam jaringan , server dapat di akses dari jarak jauh

• Kerugian client-server

- Terlalu banyak permintaan dari setiap client dapat menyebabkan terjadinya kemacetan data, collition atau tabrakan data (tergantung dari teknogi yang digunakan) serta server menjadi down atau fungsionalnya berkurang karena terjadi overload pada jaringan

- Membutuhkan seorang professional di bidang IT untuk mengatur dan menjaga performa server serta hal teknis yang detil dalam sebuah jaringan

- Sangat mahal ketika menginstall dan mengelola perangkat keras (server) dan perangkat lunak (NOS) yang diperlukan.

• contoh komunikasi baik menggunakan metode peer to peer dan client-server

- Model peer to peer banyak diimplementasikan pada jaringan LAN, contohnya dalam file sharing antar computer di jaringan windows ataupun beda operasi system.

- Model client server banyak dipakai pada internet dan intranet, computer yang dilayani oleh server disebut client yang layanannya bisa berupa akses web, e-mail, file atau yang lain.

Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang perkembangan teknologi wireless yang meliputi hardware, sistem operasi dan program aplikasi yang digunakan pada perangkat wireless!

Wireless merupakan sebuah komunikasi dimana gelombang udara atau radio menjadi media yang digunakan sebagai jalur lintas datanya. Pada intinya jaringan wireless memiliki prinsip yang sama dengan konvensional atau wire/tembaga, bedanya media pengantar data pada jaringan konvensional masih menggunakan kabel sebagai pengatar datanya sedangkan wireless memanfaatkan gelombang eletromagnetik.

• Teknologi wireless pada hardware
Perkembangan wireless pada LAN setidaknya di perlukan empat komponen utama yang harus disediakan, yaitu :

a. Access point, accest point menjadi pusat komunikasi antara host/pc ke ISP sebagai penyedia layanan internet atau penerepan perangkat access point pada sebuah perusahaan yang memiliki kantor cabang. Access point tersebut akan melakukan fungsinya sebagai perangkat wireless sebagai converter sinyal radio yang dikirimkan menjadi sinyal digital yang di hantarkan oleh WLAN lainnya kemudian dikonversikan kembali menjadi sinyal radio oleh receiver.

b. Wireless LAN interface, Sebuah perangkat tambahan yang diletakan pada PC atau laptop atau interface tersebut sudah terpasang dari beberapa produk laptop tertentu.

c. Mobile/Desktop PC, sebuah perangakat akses untuk user dimana mobile PC biasanya sudah terpasang port namu untuk Desktop PC harus ditambahkan seuah card PCMIA dalam bentuk bentuk ISA (Industry Standard Architecture) atau PCI (Peripheral Component Interconnect) card.

d. Antena External, digunakan untuk memperkuat daya pancar atau penguat sinyal.

 Teknologi wireless pada software
Selain yang telah terpasang pada driver perangkat keras Untuk mengetahui serta mencari sinyal atau gelombang pada system operasi antara lain: AP Locator, InSSIDer, NetStumbler, Airsnort, Easy Wifi Radar, MhotSpot, Advanced Hot Scanner, dan lain sebagainya.

• Teknologi wireless pada system operasi
Pada saat ini perkembangan teknologi wireless tumbuh dan berkembang dengan pesat, dimana setiap saat kita selalu membutuhkan sarana telokominikasi, hal ini dapat terbukti dengan semakin banyaknya pemakaian telepon selular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet dengan system operasinya sebagai berikut:

- Infrared (IR)
- Wireless wide area network (bluetooth)
- Radio Frequency (RF)
- Wireless personal area network /telepon seluler(GSM/CDMA)
- Wireless lan (802.11)


http://www.ianswer4u.com/2011/05/client-server-network-advantages-and.html#axzz2kC2j5W7x

No comments:

Post a Comment