Thursday, January 23, 2014

perbedaan dan Metode pengamanan layanan telematika

Tugas 3 pengantar telematika
  1. Jelaskan salah satu metode yang digunakan untuk mengamankan layanan telematika !
  2. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang salah satu contoh kasus yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari mengenai ganguan yang muncul dalam mengakses layanan telematika !
  3. apa perbedaan metode pengamanan layanan telematika antara perangkat yang menggunakan kabel dengan perangkat wireless ?
Jawaban

  1. Untuk mengamankan layanan telematika bisa dilakukkan dengan metode kriptografi.karena metode ini akan menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirim tanpa mengalami gangguan dari pihak yang tidak diharapkan.
  2. contoh kasusnya yaitu ketika terdapat pihak yang tidak berwenang dapat melakukan perubahan/modifikasi terhadap sesuatu sesuai keinginannya tanpa izin atau memiliki hak otorisasi. misalnya : merubah nilai Ujian tengah semester.
  3. Perbedaanya, yaitu :
  •  lebih aman menggunakan kabel karena kabel memiliki jalur khusus serta tidak ada gangguan sinyal disebabkan menggunakan gelombang eletromagnetik sedangkan wireless sangat mudah tekena interfensi frekuensi.
  • lebih sulit mengamankan wireless dari pihak yang tidak memiliki otorisasi (hacker) dibandingkan dengan menggunakan kabel. hal ini disebabkan wireless dapat diakses dimana saja, sedangkan wire/kabel hanya terhubung dalam jaringan itu saja (biasanya menggunakan habel UTP).

No comments:

Post a Comment