Wednesday, April 2, 2014

Etika & Profesionalisme TSI

1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda ?
2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :
  • Pengguna Teknologi Sistem Informasi
  • Pengelola Teknologi Sistem Informasi
  • Pembuat Teknologi Sistem Informasi
3. Sebutkan  contoh  dalam  kehidupan  sehari-hari  tentang  etika  dalam Teknologi Sistem Informasi !

Jawaban

1. Menurut saya Etika teknologi informasi adalah sebuah ilmu, aturan dan nilai moral bagaimana seorang pengguna/user atau sekelompok orang memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan benar sesuai prinsip yang terkandung dalam teknologi informasi.

2. Etika yang harus dimiliki :
a. Sebagai Pengguna teknologi sistem informasi adalah sebagai memberitahukan dan memberitakan sebuah informasi harus sesuai dengan fakta, mencantukan link jika menggunakan hasil karya orang lain, dan tidak melalukan plagiat pada hasil publikasi atau karya orang lain.
b. Etika seorang pengelola harus memberikan pelayanan, menjaga privasi, kemananan setiap user  dan mudah untuk para user ketika mengakses sebuah akun/web dll .
c. sebagai pembuat teknologi informasi harus menyesuaikan teknologi informasi kepada manusia, daripada meminta manusia menyesuaikan dengan teknologi sehingga pembuat akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan seperti merancang, menganalisis, mendesain, implementasi, uji coba dan mengelola (SDLC) serta dipahami dan mudah digunakan oleh manunia/user.

3. contohnya, ketika menggunakan media sosial misalnya facebook dan twitter. sebagai seorang pengguna harus menjaga sikap, menjaga privasi serta tidak saling melecehkan antar sesama dan sudah sepantasnya teknologi informasi tersebut digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment